Rabu, 27 Oktober 2010

Surono: Merapi Tidur Nyenyak Malam Ini


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Surono, yang malam ini berada di sekitar Merapi mengatakan, kondisi gunung Merapi malam ini relatif lebih tenang ketimbang kemarin.
Merapi tidur nyenyak malam ini. Meski masih ada gejolak-gejolak sedikit, tapi relatif lebih tenang ketimbang kemarin.
-- Surono

Ia menjelaskan, meski masih ada sedikit gejolak-gejolak dan letupan batuk-batuk kecil, namun secara keseluruhan kondisi Merapi tidak seaktif kemarin.

"Merapi tidur nyenyak malam ini. Meski masih ada gejolak-gejolak sedikit, tapi relatif lebih tenang ketimbang kemarin," ujar Surono, kepada Tribunnews.com melalui telepon, Selasa (26/10/2010) malam.

Meski demikian, Surono menilai, tidurnya Merapi malam ini bukan menjadi acuan bagi standarisasi keamanan bagi warga.

Menurut Surono, aktivitas Merapi malam ini bisa saja sebagai jeda untuk selanjutnya beraktivitas kembali. Dikatakannya, Merapi bisa setiap saat beraktivitas tanpa bisa diduga siapa pun.

Surono mengatakan, kemungkinan untuk meledak lagi masih sangat terbuka lebar.

"Ini bisa saja jeda sebentar. Kemungkinan adanya hal itu sangat besar lantaran kita tidak tahu alam seperti apa. Tidur nyenyak disini bisa diartikan dari status awasnya tidak ada. Meski begitu, warga jangan sampai merasa sudah aman lalu bebas semaunya," ujar Surono. (Tribunnews/Alie Usman)

Tidak ada komentar: