Selasa, 21 Desember 2010

Garuda Bakal Ofensif


RMOL. Meng­hadapi Timnas Malaysia, pelatih Alfred Riedl memberi satu penegasan: ­tidak akan main bertahan.

“Mung­kin kami hanya sedikit bertahan di awal pertandingan karena me­reka bisa mencari celah di awal,” jelas Riedl.

Bekas pelatih Vietnam, Laos dan Palestina ini mengingatkan para pemainnya harus berhati-hati di laga pertama, terutama yang su­dah mengantongi kartu kuning.Mereka adalah; Ahmad Bustomi, Muhammad Rid­wan, Hamka Hamzah yang diterima pada leg kedua se­mi­final dan Oktovianus Maniani, dan Cristian Gonzales pada leg per­tama.

Paling yang mengesalkan Riedl yakni kartu kuning yang di­terima Bustomi dari wasit Mo­radi Masoud Hasanalo. Ketika itu, Bustomi diganjar kartu aki­bat provokasi bek Filipina Anton del Rosario. “Ketika itu saya sa­ngat marah, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa,” ucap Riedl.

Siap Membalas

Dari kubu Malaysia, semangat pasukan berseragam Kuning Hitam untuk membalas keka­lah­an 1-5 di babak penyisihan grup sa­ngat tinggi. Mereka tak ingin tam­pil seperti ayam sayur meng­hadapi laga final, terutama di leg pertama di depan pub­lik­nya sen­diri.

Ambisi ini terucap dari bek Muslim Ahmad yang me­nga­takan timnya akan berusaha me­nak­lukkan kekuatan “Pasukan Ga­ruda”.

“Tak ada yang tahu apa yang menimpa kami saat ber­temu per­tama dengan Indonesia. Kami se­perti ayam tanpa kepala, ber­lari kesana kemari tanpa tahu arah,” ujar Ahmad.

Kendati berusaha menga­lah­kan Indonesia, Ahmad belum ta­hu strategi apa yang akan di­tu­runkan timnya. Di antara para pemain Indonesia, dua pemain yang paling ditakuti yakni Chris­tian Gonzales dan Ok­tovianus Maniani.

“Gonzales memiliki ketang­guh­an fisik luar biasa begitu juga Okto yang memiliki kecepatan saat berlari, mereka akan men­jadi masalah besar. Kami harus mewaspadai keduanya,” ujar bek Young Tigers itu.

Sedangkan pelatih Rajagopal mengatakan timnya saat ini su­dah siap untuk revans. “Tim ka­mi se­karang bukan tim se­be­lumnya ke­tika Malaysia kalah 1-5. Kami akan tampil beda,” ujarnya.

Dia juga mengaku sudah mengetahui kekuatan tim Indo­nesia.

“Indonesia adalah tim bagus saya sudah mempelajari kekuatan mereka. Dua wing back Indonesia perlu diwaspadai, apalagi mereka mampu membuat gol juga. Selain itu striker Indonesia juga bagus-bagus,” ulasnya. [RM]

Tidak ada komentar: