Rabu, 25 Juni 2008

Bantah Kabur, Ferry Yuliantono Siap Ditangkap

Plusberita News - Jakarta, Ferry Yuliantono sangat yakin bahwa inisial FY yang disampaikan Kepala BIN Syamsir Siregar memang ditujukan kepadanya. Ferry yang saat ini sedang berada di China membantah melarikan diri. Dia siap ditangkap bila tiba di Jakarta.

“Saya bukan melarikan diri. Saya di Guang Zhou China sejak sepuluh hari lalu memenuhi undangan All China Youth Federation,” kata alumnus Universitas Padjadjaran yang menjabat Sekjen Komite Bangkit Indonesia (KBI) dan Ketua Umum Dewan Tani Nasional ini saat dihubungi Plusberita News, Kamis (26/6/2008).

Ferry mengaku dirinya dikaitkan dengan aksi rusuh di gedung DPR dan depan Kampus Atma Jaya, karena selama ini dirinya memang dari awal terlibat dalam aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM dan mengawal terus usulan hak angket DPR. Meski begitu, dirinya tidak pernah menganjurkan agar demo itu dilakukan secara anarkis.

“Sebelum saya ke China, saya diwawancara Q Channel, saya mengatakan dalam rangka mengawal hak angket, kami akan kepung DPR,” ujar dia. Bisa jadi, kata 'kepung' inilah yang mengantarkan tuduhan bahwa Ferry terlibat dalam demo rusuh ini. Padahal, menurut dia, 'kepung' yang dimaksud hanya melakukan aksi mengelilingi gedung DPR.

Selain itu, kata Ferry, dirinya juga pernah menemui pimpinan FKB dan FPDIP, yang sejak awal menjadi inisiator usul hak angket BBM. “Dalam audiensi itu saya juga sampaikan bahwa kami akan terus mengawal hak angket dan mengepung DPR,” ujar dia.

Ferry mengaku, meski di China, dirinya tetap berkomunikasi dengan elemen-elemen lain terkait aksi menolak kenaikan harga BBM dan mendorong DPR untuk menggunakan hak angket BBM. “Tapi, mungkin karena aksi ini juga dalam rangkaian kasus kematian mahasiswa Unas, bisa jadi demo itu akhirnya berakhir seperti itu,” terang dia.

Saat ditanya mengenai isu bahwa dirinya akan ditangkap setelah tiba di Indonesia, Ferry mengaku siap. “Ya saya siap saja. Saya juga telah meminta dukungan kepada teman-teman di Tanah Air untuk melakukan pembelaan terhadap saya,” kata dia.

Tidak ada komentar: