Jumat, 20 Februari 2009

TNI Masih Tunggu Hasil Penelitian



Jakarta - Spekulasi mengenai insiden alarm dua pesawat Sukhoi yang menyala saat latihan di Makassar terus merebak. Namun TNI belum dapat menyimpulkan penyebab kejadian hingga proses penelitian selesai.

"Ada dua kemungkinan, apa di locked lawan atau kerusakan. Yang jelas tidak mudah menyimpulkan itu," kata Kapuspen Mabes TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/2/2009) pagi.

Sagom meminta agar masyarakat bersabar menunggu hasil analisa pihak terkait. Menurut Sagom, kedua pilot pesawat tersebut yang saat penerbangan ditemani instruktur dari Rusia, saat ini telah menceritakan kejadian detailnya.

"Biarlah kita tunggu analisa mereka, karena awak penerbang yang paling tahu masalah itu," jelasnya.

Bagi Sagom, yang terpenting tidak ada korban jiwa dan kerugian yang didapat dari insiden tersebut. Kedua pilot kembali dengan selamat, begitu juga dengan kondisi pesawat.

"Kita bersyukur tidak ada apa-apa," pungkasnya.

Seperti diketahui, dua pesawat Sukhoi milik TNI AU diduga menjadi sasaran tembak pesawat asing saat menggelar latihan terbang sekitar pukul 09.00 Wita. Alarm kedua pesawat tersebut berbunyi saat berada di ketinggian 20 ribu kaki.

Tidak ada komentar: